Cara Menggandakan Uang dengan Cepat dan Halal

Posted on

Sangat sulit dicari namun mudah sekali untuk lenyap, itulah uang. Memiliki mesin untuk menggandakan uang kerap kali menjadi khayalan bagi kita dan jutaan masyarakat menengah bawah lainnya.

menggandakan uang

Pada artikel ini kami tidak akan menjelaskan cara menggandakan kekayaan dengan cara-cara diluar logika.

Menurut pengalaman kami, hanya ada 2 konsep untuk menggandakan uang yang Anda miliki:

  1. Sedekah atau zakat (tidak harus uang)
  2. Investasi
  3. Bisnis Real (Paling menguntungkan dan paling memberikan manfaat)

Kenapa tidak ada menabung?

Dulu orang tua kita selalu mengajarkan untuk menabung untuk menjadi kaya, memang benar.

Namun untuk saat ini sayangnya sudah tidak relevan lagi. Menabung hanya membuat uang Anda menyusut dimakan inflasi, biaya admin dll.

Lalu, bagaimana penjelasan dua konsep diatas? Berikut penjelasannya

Sedekah dan Zakat

Sedekah dapat menimbulkan suatu kekuatan keberuntungan yang datangnya dari Allah Swt Allah adalah maha atas segala-galanya.

Dapat membuat orang miskin menjadi kaya, orang menjadi banyak uang, dilimpahi uang, merubah kondisi keuangan dari defisit menjadi surplus dan hal ini adalah perkara yang sangat mudah bagi Allah.

Umat Islam harusnya tahu dan memahami dengan kesungguhannya bahwa jika Allah berfirman, jadilah, maka terjadilah”. Di sini letak keagungan dan kekuasaan Allah.

Siapapun orang yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah) maka Allah akan melipatgandakan pembayaran dengan kelipatan yang lebih banyak.

Surat al-Baqarah: 245

Dan Allah menyempitkan dan melapangkan rezeki Allah akan menggandakan uang yang berikan untuk bersedekah dan berzakat, dan itu sudah menjadi janji Allah dalam Al-Quran.

Karena itu jangan ragu untuk bersedekah dan membayar zakat untuk menggandakan uang. Niatkan dengan ikhlas untuk membantu orang lain, kemudian berdoalah pada Allah supaya dilapangkan rezeki.

Minta dan selalu mintalah pada Allah anugerah rezeki yang baik serta memohon supaya Anda bisa berbahagia dan membagi kebahagiaan itu dengan cara bersedekah dan membayar zakat.

Begitu banyak contoh di mana pengusaha atau pebisnis tahu tentang kekuatan memberi ini. Puspo Wardoyo, pemilik restoran Ayam Bakar Wong Solo mengeluarkan zakat dan sedekah sekitar Rp 150 juta per bulan.

Ia mempunyai 43 outlet Ayam Bakar Wong Solo yang tersebar di Indonesia serta mem buka cabang di Malaysia dan Singapura.

Pengusaha lain bernama H. Suparno Zainal Abidin, pemilik grup usaha Santri di Solo, menyisihkan 22.5% keuntun- gan untuk zakat dan sedekah dari toko kelontongannya.

Dari tiap-tiap pabriknya, ia enyisihkan antara 25-50% keuntungan untuk zakat serta sedekah, dan pabriknya bertambah besar.

Sedekah tidak harus uang

Tidak hanya orang kaya saja yang harus bersedekah. Justru orang yang tidak punya, juga pengusaha yang baru mulai bisnisnya hendaknya membiasakan diri untuk bersedekah.

Bentuk sedekah selain materi:

  • Ilmu, buat Anda yang memiliki kemampuan khusus, Anda dapat membagikan ilmu keahlian tersebut
  • Relawan gerakan sosial
  • Dll

Tidak ada ruginya jika bersedekah dan berzakat. Ingat janji Allah melalui firman-firmannya. Selain untuk tujuan meng- gandakan uang, dalam bersedekah juga memunculkan rasa kepuasan tersendiri pada kita karena telah membuat orang lain bahagia.

Jika Anda bahagia, dan orang lain juga ikut bahagia. Maka terjadilah keseimbangan dalam kehidupan ini.

Dengan memberikan sedekah atau zakat, selain menggandakan uang, dari aspek spritualnya, maka tindakan ini iuga dapat menolong orang lain yang sedang mengalami kesulitan finansial.

Untuk orang yang melakukan sedekah dan zakat hal seperti ini bisa dijadikan sebagai upaya untuk menghindari sifat tamak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • Jika Anda orang kaya, dengan bersedekah dan berzakat akan menghindari diri menjadi miskin bahkan kekayaan Anda akan bertambah.
  • Anda golongan menengah, dengan bersedekah dan berzakat maka akan menambah rezeki Anda.
  • Jika Anda miskin, dengan bersedekah dan berzakat akan membantu untuk keluar dari kesulitan hidup berkat bantuan Allah Swt yang lebih besar.
  • Anda berbisnis, dengan bersedekah dan berzakat, akan menggandakan bisnis Anda atau membuatnya bertambah sukses.
  • Jika Anda scorang yang terpandang atau penguasa, dengan bersedekah dan berzakat, maka Anda akan menjadi orang yang rendah hati dan jauh dari kesombongan.
  • Anda seorang pelajar/mahasiswa, dengan bersedekah dan berzakat akan membuat sukses pembelajaran dan studi.
  • Jika Anda ingin meningkatkan jumlah uang, maka zakat dan sedekah yang dilakukan dengan ikhlas akan membantu dengan izin dan kekuasaan Allah.

Investasi

Investasi adalah menanamkan atau menggunakan modal untukmemperoleh suatu hasil. Dalam investasi, terdapat kata modal dan hasil.

Modal itu seperti uang, barang

Hasil itu bisa berupa uang, kedudukan (kedudukan ini dapat menghasilkan uang), status pendidikan, pekerjaan dan Keuntungan lainnya.

Contoh:

  • Seseorang menginvestasikan uangnya dalam bentuk saham ke perusahaan sehingga ia mendapatkan deviden.
  • Menginvestasikan uang untuk promosi kampanye agar meraih jabatan publik (bupati, gubernur, atau presiden).
  • Seseorang menginvestasikan barangnya (seperti ruko) untuk bisnis orang lain dengan persyaratan akan mendapatkan bagian keuntungan.
  • Seseorang menginvestasikan barang (seperti mobil) untuk kampanye suatu partai politik dan mendapatkan kedudukan jika partai itu menang.
  • Jika Anda ingin berinvestasi, sebaiknya tunai maksudnya uang atau barang yang diinvestasikan bukan hasil pinjaman tapi barang atau uang milik sendiri.

Jadi bagaimana investasi dapat menggandakan uang Anda, berikut beberapa caranya:

  1. Investasikan uang pada deposito berjangka dan tabungan
  2. Investasikan uang pada produk-produk investasi seperti reksadana, saham, obligasi dan lainnya
  3. Investasikan uang pada properti (perumahan dan tanah)
  4. Investasikan uang atau barang pada bisnis sendiri
  5. Investasikan uang pada logam mulia
  6. Gunakan barang-barang yang dimiliki untuk membantu orang lain menghasilkan uang atau membantunya memperoleh kedudukan yang lebih baik atau menguntungkan dirinya
investasi

Deposito

Berjangka merupakan produk dari perbankan di mana uang yang disimpan hanya boleh diambil dalam jangka waktu tertentu yang disepakati sebelumnya.

Misalnya deposito berjangka 5 tahun, maka Anda hanya dapat mengambilnya setelah 5 tahun. Jika diambilnya sebelum jatuh tempo, maka Anda dikenai penalti/hukuman dari bank.

Deposito berjangka mempunyai kelebihan, yakni memiliki bunga/tingkat keuntungan yang lebih tinggi dari tingkat bunga tabungan.

Semakin lama jangka waktu deposito yang ditetapkan maka semakin besar tingkat burn keuntungan yang akan didapatkar.

Saham

Saham adalah lembaran-lembaran yang menyatakan bahwa si pemiliknya mempunyai hak atas perusahaan yang menjual saham tersebut kepadanya.

Caranya adalah Anda dapat menghubungi pialang saham untuk membeli saham suatu perusahaan.

Kepemilikan saham itu membuat Anda berbagi risiko dan keuntungan dengan perusahaan tersebut.

Jika perusahaan mempunyai 1.000.000 lembar saham yang diterbitkan dan Anda memiliki atau membeli satu lembar saham, maka Anda mempunyai andil satu seperjuta dari laba atau rugi perusahaan.

Menggandakan Uang dengan membeli Obligasi

Obligasi pemerintah adalah uang yang dipinjamkan kepada pemerintah di mana Anda mendapatkan bunga/keuntungan tertentu dari pemerintah dalam periode waktu tertentu.

Obligasi ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena Anda akan kehilangan uang jika negara betul-betul bangkrut.

Hal ini beda dengan saham, yang dalam hal tingkat kebangkrutannya, di mana perusahaan yang menerbitkan saham lebih mempunyai peluang bangkrut dibanding negara yang menerbitkan obligasi.

Reksadana

Reksadana merupakan suatu kumpulan uang yang dibentuk dari investasi banyak uang, di mana uang-uang tersebut digunakan untuk membeli berbagai portofolio saham.

Kalau ingin berinvestasi pada reksadana maka Anda dapat pergi ke perusahaan reksadana, konsultan keuangan yang menyangkut bisnis reksadana, bank investasi dan outlet reksadana lainnya.

Properti

Anda juga dapat menginvestasikan uang di bidang properti. Investasi properti perumahan pada prinsipnya ialah membeli suatu rumah dengan harga relatif murah.

Kemudian rumah itu dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli atau dapat disewakan sehingga menghasilan pendapatan pada setiap bulan/tahun.

Investasi rumah ini bisa dilakukan dengan asumsi harga rumah yang terus
naik dari periode ke periode. Dan hal ini dapat terjadi sesuai dengan kondisi yang menguntungkan dari lokasi tempat rumah tersebut berada.

Untuk kasus seperti isu tsunami dan gempa di suatu dacrah akan membuat harga rumah di dacrah terscbut akan turun. Belilah suatu rumah yang relatif murah karena sesuatu hal.

Misalnya rumah orang yang akan pindah darurat, pindah kerja sehingga ia merasa rumahnya tidak diperlukan lagi, rumah sitaan, rumah orang yang sedang butuh uang cepat dan sebagainya.

Setelah terbeli, kemudian perbaiki agar menjadi lebih indah, nyaman, bersih dan menarik, sehingga bisa dinaikkan harganya.

Anda bisa melakukan usaha pemasaran untuk menjual lagi atau menyewakan rumah itu. Jika pasaran rumah naik maka nilai jual dan sewa menjadi naik pula, sehingg akan diperoleh keuntungan besar.

Selain rumah, investasi properti juga ada pada tanah. Prinsip investasi seperti ini adalah Anda memiliki tanah, kemudian karena perkembangan ekonomi, tanah itu mempunyai nilai komersil tinggi.

Sehingga harganya naik, dan Anda dapat menjualnya. Seperti halnya rumah, harga tanah juga cenderung naik sesuai kondisi yang terjadi.

Emas

Investasi emas sudah dilakukan pada zaman dahulu, dan masih dilakukan di zaman sekarang meski jumlah pelakunya sudah menurun.

Investasi emas adalah membeli emas dan menjualnya ketika harganya naik dengan harus menghitung inflasi yang terjadi tiap tahunnya.

Dahulu produk-produk investasi bisa dikatakan tidak ada, jadi orang suka membeli emas, kemudian dijual lagi jika sedang butuh uang.

Jadi mereka membeli atau menyimpan emas lebih ditujukan untuk jaga-jaga, tidak mengarah untuk mencari keuntungan yang maksimal.

Jangan pernah berfikit harga emas naik dua tahun sesudahnya lalu menjualnya dan ternyata uang yang diterima itu sama atau kurang nilai riilnya dibanding dengan nilai sewaktu membelinya.

Inventasi disektor ini masih menjadi perdebatan. Apakah memang investasi atau hanya menabung dalam bentu “fisik”.

Anda bisa melihat highlight akun instagram Jouska untuk lebih memahaminya.

Menggandakan Uang dengan Bisnis Real

Jika mempunyai uang dan ingin mengembangkannya, maka Anda dapat memilki atau melakukan suatu bisnis.

Jadi uang itu digunakan sebagai modal bisnis. Kemudian Anda mendapatkan uang dari laba bisnis tersebut.

bisnis
Bisnis yang lagi hits dikalangan anak muda: Kuliner

Jika Anda sudah mempunyai bisnis, maka untuk menambah pangsa pasar atau untuk mengembangkan bisnis agar bertambah labanya, maka gunakan uang tersebut untuk menambah modal bisnis itu.

Dengan begitu uang Anda dapat menghasilkan uang lagi.

Partnership

Bekerja sama dengan teman yang ingin berbisnis. Cari tahu barang apa yang Anda miliki yang ia perlukan dalam bisnisnya, dan dia tidak mempunyainya.

Apalagi jika teman itu nyata-nyata kekurangan modal untuk bisnisnya. Misalnya teman Anda akan berbisnis katering.

Sementara itu ia tidak memiliki mobil untuk mengangkut pesanan Jika Anda mempunyai mobil yang tepat untuk jasa tersebut, maka investasikan mobil itu dengan meminjamkan jika ia dapat order dengan persentase tertentu untuk Anda.

Hal ini bisa berarti Anda menanamkan modal berupa barang atas bisnis itu dan Anda memperoleh dividen atas laba yang diperolehnya. Hal ini bisa dilakukan pada bisnis teman/kenalan Anda sendiri, sehingga uang tidak menganggur dan jumlah uang Anda akan bertambah.


3 thoughts on “Cara Menggandakan Uang dengan Cepat dan Halal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *