Mengenal Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Ciri Cirinya

By | June 2, 2021

Apa kamu terhitung orang ekstrovert? Apakah itu ekstrovert? Karakter orang ekstrovert yang ramah dan semangat jadi daya magnet sekelilingnya untuk merapat. Seorang ekstrovert akan makin mengalami perkembangan saat berhubungan sama orang lain.

Di tahun 1960-an, psikiater Carl Jung pertama kalinya menggambarkan introvert dan ekstrovert saat mengulas komponen personalitas. Ia mengelompokkan ke-2 barisan ini berdasar sumber energi mereka.

Secara singkat, Jung memiliki pendapat jika ekstrovert ialah personalitas yang dapat memperoleh energi saat ada dalam barisan dan berhubungan dengan dunia luar. Tes Kepribadian MBTI. Ketidaksamaan dengan introvert, mereka memerlukan saat sendirian untuk mengembalikan tenaga, dan kerap kali lebih pendiam dalam sikap dan keterkaitan sama orang lain.

Berikut beberapa ciri ekstrovert:

  1. Ekstrovert Senang Jadi Perhatian

Orang dengan kecondongan ekstrovert sering jadi fokus perhatian dan mereka menyenangi perhatian itu. Pemilik personalitas ekstrovert berkembang pada kondisi sosial dan mereka cari rangsangan sosial. Orang ekstrovert kerap kali tidak takut untuk mengenalkan diri ke orang baru dan jarang-jarang menghindar keadaan yang tidak biasa karena takut membuat kekeliruan atau mungkin tidak mengenali seorang.

  1. Tidak Senang atau Tidak Memerlukan Banyak Waktu Untuk Menyendiri

Ketidaksamaan ekstrovert dengan introvert ialah masalah habiskan waktu sendirian. Seorang introvert perlu larikan diri ke rumah atau kantor mereka sesudah ada di keramaian. Beberapa ekstrovert malah berasa jika terlampau beberapa waktu menyendiri kuras energi alami mereka. Pemilik personalitas ekstrovert isi ulangi ‘baterai’ mereka dengan ada di sekitaran seseorang.

  1. Ekstrovert Senang Ada di Dalam Barisan

Orang ekstrovert berasa nyaman dalam barisan besar. Mereka kemungkinan lebih condong menyenangi olahraga barisan atau outing bergerombol. Justru bisa saja pemilik personalitas ekstrovert lah sebagai pemrakarsa gagasan ajak kelompoknya melakukan aktivitas diakhir minggu atau setelah kerja. Orang ekstrovert jarang-jarang menampik undangan pernikahan, acara pesta, dan tatap muka yang lain.

  1. Ekstrovert Bersahabat dengan Banyak Orang
Baca Juga   Jenis-Jenis Kartu Perdana

Ciri-ciri orang ekstrovert dapat dengan gampang memperoleh rekan baru. Ini karena ekstrovert nikmati energi seseorang dan turut serta dengan beberapa orang disekitaran mereka. Pemilik personalitas ekstrovert condong mempunyai jaringan sosial yang besar dan banyak kenalan. Dengan memburu ketertarikan dan rutinitas baru, ekstrovert ingin meluaskan lingkaran sosial mereka.

  1. Ekstrovert Benar-benar Ketarik dengan Pembicaraan dan Pertanyaan

Beberapa ciri ekstrovert selanjutnya mereka tidak berkeberatan bercerita permasalahan hidup pada orang lain untuk sebuah dialog dan tuntunan. Pemilik personalitas ekstrovert dapat dengan bebas ekspresikan diri secara terbuka dan menerangkan opsi atau opsi mereka.

  1. Ramah dan Percaya diri

Orang ekstrovert kerap kali dilukiskan jadi orang yang berbahagia, positif, cerah, dan gampang berkawan. Mereka condong tidak begitu pikirkan permasalahan atau merenungkan kesusahan. Saat alami kesusahan dan permasalahan seperti seseorang, pemilik personalitas ekstrovert sering semakin dapat biarkan berakhir demikian saja.

  1. Ekstrovert Tidak Takut Ambil Resiko

Orang ekstrovert kemungkinan senang turut serta dalam sikap yang beresiko. Ada argumen ilmiah mengapa ekstrovert begitu. Satu study yang termuat di dalam website National Center for Biotechnology Information mendapati jika saat seorang ekstrovert sukses bertindak beresiko, otak mereka lebih terstimulasi untuk hasilkan dopamin. Dopamin pada tubuh akan punya pengaruh pada munculnya hati membahagiakan, seperti berbahagia, jatuh hati, atau optimis.

  1. Ekstrovert Lebih Fleksibel

Orang ekstrovert kerap kali bisa menyesuaikan dengan keadaan apa saja dan bisa saja inovatif saat permasalahan ada. Walau mereka kemungkinan terorganisir, tidak seluruhnya ekstrovert memerlukan gagasan perlakuan saat sebelum mereka bisa mengawali sebuah project, berencana berlibur, atau lakukan pekerjaan apa saja. Keputusan spontan bisa setiap saat dilaksanakan oleh pemilik personalitas ekstrovert.

Baca Juga   Kiat Untuk Membuat Cerita Pendek Dengan Baik