Home > Edukasi > Mengenal Bermacam Tari Tradisional Khas Jawa Tengah

Mengenal Bermacam Tari Tradisional Khas Jawa Tengah

Tari tradisionil Jawa Sedang jadi satu kesenian yang cukup punyai tempat tertentu untuk pecintanya. Memang sebenarnya tiap kesenian memiliki fansnya sendiri. Ada yang sangat suka dengan kesenian musik, kesenian budaya. yang akan kita ulas yaitu seni tari tradisionil Jawa tengah. Baik saat sebelum mengulas itu, sebaiknya kita mengulas propinsi Jawa tengah.

Jawa tengah adalah salah satunya propinsi yang berada di pulau Jawa. Jateng adalah propinsi yang di jepit oleh 2 propinsi besar yaitu Jawa Timur dan Jawa Barat. Propinsi yang beribu kota Semarang ini, jadi salah satunya pusat budaya yang berada di Nusantara terutamanya Jawa tengah. Jadi tidak aneh, bila banyak beberapa pelancong yang bertandang kesini.

Nah, salah satunya daya tarik yang di punyai oleh Jawa tengah adalah kesenian tari. Tari Tradisionil Jawa tengah sendiri memiliki keberagaman yang akan menarik bila kita ulas. Lantas apa sich tari tradisionil Jawa tengah. Tentu tarian yang akan kita ulas ini jadi kebanggaan oleh warga asli Jawa tengah dan Nusantara.

  1. Tari Bedhayang Ketawang

Adalah salah satunya tarian ciri khas jateng yang menyimbolkan beberapa wali songo atau sembilan arah mata angin. Beberapa penari itu dimisalkan dengan seorang dewi yang turun dari kayangan. Dengan memakai baju tradisi jawa dan gelung besar beberapa penari menari dengan demikian eloknya di atas pentas dan melipur beberapa pemirsa.

Di saat menari, beberapa penari bedhayang ketawang diwajibkan untuk menari pada kondisi yang baik sekali dan tidak pada kondisi haid. Kata bedhayang ketawang dipisah jadi 2 kata “bhedayang” yang bermakna penari wanita dan “ketawang” yang bermakna langit atau dari langit. Bila di gabungkan maka jadi “penari dari langit”, kemungkinan sebab beberapa penari yang menari benar-benar elok.

Baca Juga   Cerpen Cerita Pendek Terbaik

Sebagian orang yakin jika ketika beberapa penari menarikan tari bedhayang ketawang, nyi roro kidul akan ikut datang pada acara itu. Selanjutnya turut menari bersama beberapa penari yang akan makin menambah kesan-kesan mistis dalam tarian bedhayang ketawang.

  1. Tari Gambyong

Tari kebanggaan warga Jawa tengah selanjutnya berawal dari kota Surakarta. Sebelumnya, tarian ini sebuah tari tradisi yang dipentaskan cuman saat masuk musim panen padi. Tetapi seiring waktu berjalan peranan tarian ini beralih menjadi acara yang cukup keramat. Tidak cuma itu, tari gambyong juga seringkali dipakai untuk penghormatan pada tamu.

Menurut riwayat, nama tari Gambyong berawal dari salah satunya penari jaman dulu. Penari itu memiliki suara sangat merdu, disamping itu penari itu memilik badan lentur. Dari talenta-bakat yang mengagumkan itu nama dari penari itu makin dikenali oleh warga. Nama komplet dari penari itu adalah Sri Gambyong, tetapi untuk pemberian nama tarian ini, cuman digunakan sisi akhir nama saja yaitu Gambyong.

Pertama kali tarian cantik satu ini dapat benar-benar terkenal yakni bermula dari Istana Sunan Paku Buwono IV. Di dalam istana Sri Gambyong sukses menari dengan cantik, hingga sanggup menarik hati warga istana. Dari situlah tari yang ditampilkan oleh Sri Gambyong mulai didalami, dan pada akhirnya ditingkatkan. Bahkan juga pada waktu itu, tarian itu dikukuhkan sebagai tarian ciri khas istana.

  1. Tari Serimpi

Tari Serimpi jadi salah satunya tarian tradisi Jawa tengah yang cukup Poupuler. Memang saat dengar kata tari tradisionil Jawa tengah, nama tarian yang pertama kalinya terpikir adalah tari serimpi. Tari serimpi pertama kalinya lahir dan berkembang di wilayah spesial Yogyakarta. Hal sangat menarik dari tarian ini yakni nuansa yang ditampilkan sarat dengan nuansa mistik.

Baca Juga   Google Adsense

Sebelumnya tari serimpi cuman diperlihatkan cuman saat pergantian kekuasaan raja di Istana Jawa tengah. Bahkan juga menurut narasi yang tersebar tarian tradisi Jawa tengah satu ini sanggup menghipnotis beberapa pemirsa ke alam lain. Tentu saja ini juga yang menambahkan kesan-kesan mistik dari tari kebanggaan warga Jawa tengah ini.

Umumnya tari serimpi dimainkan oleh 4 anggota penari wanita. Tiap pemain tarian Serimpi melambangkan beberapa komponen. Dimulai dari api, angin, air, dan bumi. Lantas untuk baju yang dikenai juga cukup elok. Beberapa pemain diharuskan memakai baju yang kerap digunakan pengantin putri keraton.

  1. Tari Beksan Wireng

Awalannya tarian ini dibuat buat menyemangati prajurit perang yang sedang latihan untuk berperang. Ini sangat terlihat di tiap pergerakan tari beksan wireng. Di mana beberapa pemain lakukan tiap pergerakan dengan gagah dan kuat.

Sebab tarian ini mengangkat topik berperang, beberapa pemain juga harus kenakan property tameng. Seperti, tombak, tameng, pedang dan beberapa alat berperang yang lain. Di zaman saat ini, tari beksan Wireng dibagi jadi 6 tipe yang berkembang secara cepat.

Nah, tarian ini ditarikan oleh sekumpulan lelaki. Walau demikian tari ini lumayan disukai oleh warga Jawa tengah. Cukup banyak yang tiba saat pertunjukan tari tradisi Jawa tengah satu ini. Mereka selalu semangat melihat tiap pergerakan hebar yang dimainkan tiap penari. Berminat untuk saksikan langsung ?

  1. Tari Sintren

Tari tradisionil Jawa tengah selanjutnya bahkan menebar di beberapa wilayah Nusantara seperti Cirebon. Salah satunya daya magnet akan tarian ini adalah memiliki kandungan narasi mistik. Konon narasi mistik ini bercerita mengenai cerita romantic Sulasih dengan Sulandono. Wah, tentu beberapa dari anda ingin tahu bukan ?

Baca Juga   Cerpen Persahabatan masa SMA

Asal mula tarian mistik ini dibikin oleh figur bupati Kendal yang menikah dengan Dewi Rantamsari. Tetapi apa daya jalinan ke-2 nya tidak disetujui oleh Ki Bahureksi. Hingga hal tersebut membuat jalinan mereka tidak tahan lama, sebab memilih untuk pisah. Tetapi ada narasi juga, walau mereka pisah di dunia, mereka berdua bisa berjumpa di alam ghaib.

Kesan-kesan mistik akan terlihat pada awal atraksi. Bagaimana tidak, di awal pertunjukan, harus dengan diawali Dupan atau ritus doa. Hal yang makin membuat mistik adalah, tarian ini telah jarang-jarang dipentaskan sebab beberapa orang yang tidak berani. Walau demikian tarian ini, masih jadi kesenian ciri khas Jawa tengah dengan narasi yang selalu terlindungi.

Baik itu barusan beberapa tari tradisionil Jawa tengah yang perlu anda kenali. Sampai jumpa di artikel menarik yang lain.

Mengenal contoh keragaman budaya indonesia bisa mengunjungi greatnesia.id