Dampak Kemiskinan dan Masalah yang Ditimbulkan Karena Uang

Posted on

Jika ingin jauh dari kemiskinan maka jagalah uang Anda, kenali dampak kemiskinan dan apa saja efek negatifnya.

data kemiskinan

Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sederhana dan berhemat, di mana pola dan sikap seperti ini telah ada pada sikap para peternak uang (lihat topik tentang perternakan uang dalam buku ini).

Berusahalah untuk menambah penghasilan atau menggandakan penghasilan (lihat topik tentang cara menggandakan uang).

Dengan bersikap hemat dan pola hidup sederhana seperti pada peternak uang dan ditambah dengan usaha menggandakan penghasilan, maka Anda akan dapat menjauh diri dari kemiski nan dan kemelaratan.

Adapun masalah-masalah yang diakibatkan uang adalah:

  1. Kemiskinan dan kelaparan
  2. Pengangguran
  3. Kriminalitas (pencurian, perampokan, pembunuhan, pelacuran, penjualan barang terlarang seperti narkoba dan lainnya
  4. Sikap materialistis, pemuja kemewahan dan sombong

Kelaparan adalah dampak kemiskinan paling besar

Orang miskin sudah pasti kekurangan dari segi uang. Untuk makan saja begitu susahnya karena kurang atau ketiadaan uang untuk membeli beras dan lauk.

Mereka seringkali makan tidak sesuai dengan kebutuhan manusia untuk ukuran makan yang sebenarnya.

Apalagi untuk membeli dan memenuhi kebutuhan lain seperti pakaian atau kebutuhan sekunder, seperti televisi, dan barang-barang elektronik lainnya.

Mereka ini jelas membutuhkan bantuan dan belas kasihan dari orang lain guna menunjang kehidupannya.

Begitu juga dengan kelaparan. Orang yang kekurangan uang juga terancam kelaparan.

Jangankan orang miskin, kita saja kalau berpergian ke suatu tempat yang masih asing juga akan merasakan yang namanya lapar apalagi jika saat itu kita mengalami kekurangan uang.

Karena itu kemiskinan dan kelaparan termasuk masalah yang disebabkan uang atau lebih tepatnya karena kekurangan uang.

Pengangguran

Sebenarnya pengangguran tidak mutlak dikarenakan masalah uang. Tapi kenapa bisa terjadi pengangguran yang diakibatkan karena uang?

Pengangguran dapat terjadi dikarenakan sebab atau faktor yang lain. Dalam pembahasan kali ini yang akan dibahas adalah faktor uang yang menyebabkan orang menganggur.

Jadi seperti ini; salah satu solusi dari pengangguran adalah kegiatan bisnis, dan bisnis ini membutuhkan modal.

Jika orang yang menganggur mempunyai banyak modal uang, maka dengan mudah ia bisa melepas status penganggurannya.

Ia bisa mulai membuat suatu bisnis dan tidak menganggur lagi.

Atau pengangguran terjadi karena seseorang tidak mempunyai uang untuk membuat surat lamaran kerja dan perlengkapannya serta ongkos-ongkos lainnya sehingga ia tidak pernah mencoba melamar pekerjaan, meskipun ia masih menganggur.

Orang yang mempunyai problem kekurangan uang tidak bisa pergi merantau untuk mencari kerja di daerah lain.

Padahal dengan merantau atau bermigrasi maka akan ada peluang baginya untuk bekerja, apalagi untuk daerah-daerah yang tinggi penyerapan tenaga kerjanya.

Begitu juga jika anak orang miskin yang menganggur karena tidak bisa melanjutkan kuliah, karena jika anak itu kuliah maka ia tidak menganggur lagi dan dikategorikan sebagai non angkatan kerja.

Jadi pengangguran dapat diakibatkan karena uang –karena kekurangan uang.

Kriminalitas

Masalah yang sering dibicarakan selain kemiskinan dan pengangguran adalah kriminalitas yang juga disebabkan karena uang.

Kriminalitas banyak macamnya seperti pencurian kecil, perampokan besar, pembunuhan, pelacuran, penjualan narkoba, dan sebagainya.

Pencurian dan perampokan yang teriadi di rumah orang kantor, perusahaan, dan di bank serta tempat-tempat lain dengan motif pelakunya menginginkan uang.

Mereka melakukan tindakan itu mungkin juga dikarenakan sedang mengalami kesulitan finansial dan untuk mengatasinya mereka menggunakan cara merampok.

Kecenderungan mutakhir tindakan perampokan ini dilakukan melalui cara korupsi, dengan pelakunya adalah mereka dari kalangan yangsebenarnya orang tidak mengalami kesulitan finansial.

Mereka melakukan hal itu karena didasari sifat tamak dan ingin mengejar kekayaan lebih banyak lagi.

Untuk kriminalitas pembunuhan yang dibahas disini adalah pembunuhan dilakukan karena si pelaku ingin mendapatkan harta dari korbannya.

Mereka membunuh korban dengan alasan-alasan tertentu, seperti korban melawan atau korban melihat wajah serta identitas perampok, sehingga ditakutkan mendatangkan masalah bagı pelaku.

Pel4curan

Sementara praktik pelacuran terjadi dikarenakan himpitan kesulitan keuangan yang dialami seorang wanita.

Mereka mau melacurkan diri karena menginginkan uang atau merasa kekurangan uang serta berkeinginan untuk hidup yang lebih baik.

Sebagian lagi ada yang terpaksa melacurkan diri karena memiliki beban tanggungan, seperti menghidupi anak-anak mereka. Selain itu ada juga orang tua yang menyuruh anaknya menjadi pelacur demi mengejar uang.

Narkob4

Penjualan barang terlarang seperti narkoba atau minuman keras akan menjadikan penjualnya mendapatkan banyak uang dengan cara yang tidak halal.

Khususnya untuk penjualan narkoba, bisa didapatkan keuntungan yang besar.

Karena itu orang yang terjuan dalam bisnis haram kebanyakan bermotifkan ingin kaya dalam waktu yang cepat serta untuk memenuhi kebutuhannya sendiri terhadap narkoba itu.

Praktik perdagangan narkoba ini betul-betul menjadi masalah berat yang salah satunya dikarenakan ketiadaan uang yang dinilainya akan mengancam kehidupan seseorang.

Sikap materialistis, pemuja Kemewahan dan sombong

Uang bisa membuat seseorang menjadi materialistis, memuja kemewahan, dan sombong. Sifat materialistis (matre) ini jelas salah karena menganggap uang adalah segala-galanya.

Uang layaknya hanya sebagai pembeli kenikmatan serta kemewahan semata dan mengabaikan nilai sosial.

Unsur kemewahanlah yang sebenarnya memicu terjadinya sikap matrealistis seperti itu. Padahal sikap hidup yang baik itu adalah pola hidup sederhana dan hemat serta berbagi dengan orang lain.

Orang yang matre jelas terlalu memuja uang untuk membeli kemewahan dan semua materi yang ada.

Sebenarnya uang tidak tepat digunakan untuk membeli kemewahan di zaman sekarang ini, karena banyak orang mengalami kemiskinan di sekitar kita.

Begitu banyak orang yang mengalami kesulitan finansial, namun sadarkah orang-orang ang selalu memuja kemewahan?

Begitu juga akibat dari keme wahan dan memiliki uang banyak dapat menjadikan seseorang mempunyai sifat sombong.

Apalagi bagi mereka yang baru saja mendapat kekayaaan, peluang untuk menjadi sombong sangatlah besar.

Mereka terkadang melupakan Tuhan yang telah memberikan kekayaan dan mereka juga lupa untuk berbagi dengan sesama.

Dalam anggapannya, kemewahan dan materi yang dimilikinya saat itu layak untuk dipamerkan pada orang lain dan mereka sah berperilaku sombong serta berpamer.

Orang banyak yang mengejar uang untuk demi mendapatkan kemewahan, padahal kemewahan itu merupakan suatu kesalahan yang fatal yang ada di dunia.

Dalam berbagai sinetron yang ditayangkan diperlihatkan tentang keindahan dari mereka ditayangkan diperlihatkan tentang keindahan dari mereka yang maniak kemewahan dan bersombong diri dengan kemewahan yang dimilikinya.

Begitu juga dengan berbagai tayangan infotainment yang mempertontonkan besar dan mewahnya rumah, mobil, dan busana seseorang.

data-kemiskinan
Data Kemiskinan 1970-Sep 2018: Databoks by katadata.co.id

Dampak kemiskinan terhadap kesetabilan dunia

Kemiskinan dan kelaparan merupakan salah satu masalah besar di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya.

Pemerintah semestinya memberi subsidi untuk membantu mereka. Selain kemiskinan dan kelaparan pengangguran juga menjadi problem lainnya dan menjadi masalah makro ekonomi Indonesia.

Puluhan juta penganggur dari tingkat pendidikan rendah sampai sarjana bahkan magister. Ketimpangan dalam distribusi pendapatan juga menyebabkan terjadinya berbagai masalah ekonomi bangsa ini.

Selain itu masalah kriminalitas juga menjadi masalah akut.

Setiap hari, begitu banyak kasus kriminal yang muncul termasuk juga tindakan kriminal yang dilakukan orang-orang berdasi.

Seringkali muncul berita, ada anak yang membunuh ibunya, berbagai kasus pelacuran, penggunaan dan peredaran narkoba baik dalam skala kecil mau pun skala besar, dan sebagainya yang kesemuanya terjadi karean dampak kemiskinan itu.

One thought on “Dampak Kemiskinan dan Masalah yang Ditimbulkan Karena Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *