Startup Adalah Bentuk Kemajuan Ekonomi Bisnis, Ini Penjelasannya!

Banyak yang berpendapat bahwa bisnis startup adalah bentuk kemajuan ekonomi disebuah negara, Apakah benar?

Lalu, apa sebenernya bisnis startup ini?

Trend bisnis di negara Indonesia hingga kini di setiap tahunnya terus mengalami berbagai peningkatan yang signifikan.

Beberapa founder muda yang baru dan sukses pun bermunculan dengan berbagai jenis bisnis mulai dari fashion, teknologi, makanan hingga transportasi.

Salah satu bisnis yang sedang berkembang adalah bisnis startup.

startup adalah

Pengertian Startup

Istilah startup merupakan suatu kata serapan yang berasal dari kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti suatu proses atau tindakan dalam memulai sebuah bisnis atau organisasi baru.

Singkatnya, bisnis yang dinamakan startup adalah suatu usaha untuk merintis perusahaan yang memang dalam fase penelitian dan pengembangan untuk pasar yang tepat dan baru saja didirikan.

Sejarah Singkat Startup di Indonesia

Jika melihat ke belakang istilah startup ini banyak digunakan yang berhubungan dengan internet, teknologi, website serta hal lain yang masih berkaitan.

Hal ini karena bisnis tersebut memang dikenal secara internasional dan menjadi popular saat banyak perusahaan dot com yang didirikan bersamaan.

Masa tersebut dikenal dengan nama fase “bubble dot-com” berlangsung pada tahun 1998-2000.

Pada masa ini perusahaan gencar membuka website pribadi, hal ini kemudian didukung dengan banyak orang yang mengenal internet sehingga peluang pun semakin membesar untuk dapat dimulai suatu bisnis.

Dari situlah bisnis jenis ini lahir dan kemudian mulai berkembang dengan cukup pesat.

Karakteristik Startup

Pada dasarnya startup tidak selalu identik dengan yang berhubungan dengan dunia digital.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya startup adalah perusahaan baru dan kini masih dikembangkan ataupun bisa disebut juga sebagai perusahaan rintisan.

Untuk lebih mempermudah dalam memahaminya berikut karakteristik perusahaan yang dpat dikatakan termasuk startup:

Usia perusahaan

Perusahaan di ibaratkan seperti ibu hamil maka bisnis yang baru dijalankan dapat diibaratkan sebagai anaknya yang dalam pertumbuhan dan baru berumur kurang dari 3 tahun.

Jumlah karyawan yang minimalis

Tidak seperti perusahaan besar lainnya perusahaan jenis ini memiliki karyawan yang yang minimalis sekitar 30 orang saja.

Namun seiring perkembangannya, startup berlabel Unicorn memiliki ratusan karyawan yang ditempatkan diberbagai negara.

Semangat kerja yang tinggi

Karyawan pada perusahaan ini biasanya berasal dari kalangan muda dan juga melek teknologi.

Pendiri perusahaan ini biasanya berusia sekitar 20 hingga 35 tahun semangat jiwa mudahnya membuat pimpinan tersebut memiliki keinginan yang ingin dicapai disertai dengan semangat menggebu-gebu.

Umumnya bergerak di bidang teknologi

Meski dalam pengertiannya startup selalu identik dengan teknologi namun pada kenyataannya memang tidak harus selalu dalam teknologi.

Seringkali kita temui bahwa perusahaan jenis ini umumnya memasarkan dengan teknologi.

Baca Juga   Kamus Startup: Beberapa Istilah dan Terminologi yang Sering di Mention

Website atau aplikasi menjadi sarana utama

Karena kegiatannya identik dengan proses teknologi maka startup adalah perusahaan yang berhubungan dengan website pribadi yang dimiliki perusahaan tersebut.

Hal ini agar dapat menjalankan secara segala pekerjaan yang meliputi kegiatan promosi produk ataupun penawaran produk yang dijual perusahaan tersebut.

Bisnis yang dijalankan biasanya meliputi jasa online yang pengoperasiannya dapat menggunakan aplikasi dan terhubung dengan website perusahaan tersebut.

Konsumen merupakan prioritas

Target didirikannya perusahaan ini agar dapat memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya maka dari itu selalu menghadirkan berbagai inovasi yang bisa memanjakan konsumen ataupun pelanggannya.

Budaya Kerja UnikUmumnya para pekerja merupakan anak muda maka tak heran cara serta budaya kerjanya pun cukup unik dan out of the box.

Tipe Investor Startup

Meskipun mudah untuk mendapatkan investor Anda tetap tidak bisa langsung mendatangi para investor agar bisa mendapatkan modal.

Ada beberapa tipe investor yang sebaiknya dikenal agar lebih mudah memilih investor mana yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan perusahaan.

Beberapa tipe investor startup adalah sebagai berikut:

Angel investor

Investor yang satu ini merupakan perorangan yang mempunyai dana cukup besar sehingga dinamakan angel investor.

Dari investor yang satu ini banyak startup yang mendapatkan seed funding. 

Accelerator

Akselerator merupakan program dengan basis kohort dengan jangka yang tetap mencakup investasi benih, bimbingan, penjualan, komponen pelatihan dan lain-lain.

Sebagian besar investor akselerator didanai oleh badan usaha yang sudah stabil secara global.

Contoh: Y Combinator, Telkom Amoeba dll

Venture capital

Investor ini bisa dipilih untuk usaha yang tumbuh di bawah 10 tahun.

Investor yang satu ini biasanya berani berinvestasi dengan resiko tinggi namun juga mendapatkan return yang cukup pesat hingga mencapai 30 kali lipat.

Venture capital biasanya sepakat dengan minimnya kepemilikan maksimal hanya 25% -30% saja. Mereka menginginkan founder untuk memiliki mayoritas saham.

Biasanya mereka juga enggan ikut campur dalam persoalan yang bersifat operasional atau hands off.

Contoh: East Ventures, Soft bank.

Tahapan Pendanaan untuk Startup

Kini bagi masyarakat digital di negara Indonesia kata startup adalah salah satu jenis bisnis yang baru didirikan dan juga berkembang.

Dengan dukungan layanan digital serta masih membutuhkan pendanaan yang cukup banyak agar dapat beroperasi dengan menggunakan tim kerja yang minimalis.

Kini sudah banyak bermunculan para entrepreneur muda yang menciptakan bisnis dengan kreativitas yang tanpa batas dan inovasi yang menarik. 

Dalam suatu perusahaan yang baru saja berjalan seringkali masalah yang menjadi kendala ataupun hambatan adalah pendanaan yang cukup.

Semakin besar dana yang diperoleh maka semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk lebih berkembang.

Berikut ini jenis pendanaan yang bisa diperoleh suatu startup untuk dapat menjalankan bisnisnya.

Bootstraping

Bootstraping adalah tahapan yang paling awal dalam pendanaan dimana melibatkan founders-prototype produk.

Biasanya pendanaan datang dari pemiliknya sendiri keluarga kerabat atau pun teman dari pemilik kadang pendanaan jenis ini disebut juga dengan FFF yaitu Family, friends and Fools.

Pre-seed 

Jenis pendanaan yang satu ini dilakukan dengan cara mencari sumber berdasarkan sumber dana yang dimiliki.

Baik melalui kenalan yang dapat dipercaya hingga menemukan investor yang dapat mengalirkan sejumlah uang untuk bisnis yang dimiliki.

Baca Juga   Membangun Tim Startup yang Tangguh dan Hebat

Mencari sendiri sumber pendanaan melalui sumber daya yang mereka miliki baik melalui link atau kenalan yang dimiliki. 

Seed funding

Cara yang satu ini biasanya funder melakukan presentasi pada saat satu perusahaan yang dianggap mampu memberikan dana.

Atau minimal akan medapatkan feedback yang akan bermanfaat untuk strukturisasi organisasi pada startup.

Series A

Pendanaan untuk series A ini dilakukan setelah perusahaan memiliki daya tarik atau traction seperti jumlah pengguna dari produk perusahaan tersebut, views, jumlah omset dan juga hal lainnya yang dirancang dalam indikator kerja atau Key Performance Indicator. 

Dalam fase pendanaan startup ini perusahaan biasanya memiliki bukti bahwa sudah menjadi perusahaan yang cukup besar, maka dari itu valuasi perusahaan dinilai antara $10 sampai $15 juta.

Series B

Pendanaan selanjutnya pada startup adalah series B yang pada tahap ini perusahaan telah memiliki produk yang digunakan dan masuk ke dalam fase ekspansi.

Pertanyaan pun berubah menjadi “bisakah perusahaan ini melayani 1000 orang lebih? Atau bahkan satu juta pengguna?”

Pada fase ekspansi ini yang dilakukan di bukan hanya untuk menjaring lebih banyak konsumen tapi juga untuk mendapatkan banyak tenaga kerja dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing.

Persaingan dalam mendapatkan tenaga kerja memang seharusnya dihadapi perusahaan sehingga perusahaan pun dapat memberikan berbagai insentif lebih baik.

Series B ini biasanya untuk valuasi perusahaan tersebut akan dihargai sebesar $30 sampai $60 juta. Dengan kisaran tersebut maka jumlah yang akan diterima sekitar $7 sampai $10 juta.

Series C

Pada seri ini perusahaan biasanya memang sudah berjalan dengan sangat baik serta siap melakukan ekspansi menuju segmentasi pasar lainnya, membeli perusahaan yang baru ataupun membuat terobosan produk yang baru.

Umumnya pada tahap ini perusahaan akan membawa produk ke ranah internasional agar lebih maju lagi.

Selain itu pendanaan pada seri C ini juga dapat meningkatkan nilai perusahaan sebelum melakukan IPO (Initial Public Offering) yaitu menjual saham ke publik.

Ataupun persiapan sebelum perusahaan tersebut dibeli dengan nilai yang lebih besar.

Perusahaan akan dievaluasi antara $100 sampai $120 juta atau bisa lebih. Pada seri C ini rata-rata dapat mengumpulkan dana segar sebesar $26 juta.

Jenis Startup

Dari segi bisnisnya sangat beragam, tergantung di bidang mana startup tersebut bergerak.

Namun pada umumnya untuk jenis-jenis tersebut menyesal beberapa aspek yang tidak terlalu jauh dari kehidupan masyarakat agar dapat memberikan solusi bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa jenis yang sedang marak di berbagai negara:

Games

Bidang yang satu ini merupakan jenis yang banyak digandrungi kaum milenial Indonesia yaitu di bidang permainan baik pada PC ataupun mobile.

Apalagi kini mayoritas masyarakat di Indonesia terutama kaum muda sudah memiliki smartphone yang cukup canggih sehingga bisa mengisi waktu luang dengan bermain game.

Hal ini pun berbanding lurus dengan banyaknya berbagai games yang menarik dan juga unik yang ada di smartphone serta dapat didownload.

Jika dikemas dengan cukup baik maka games dapat mendatangkan keuntungan yang besar karena bisa menarik minat generasi milenial dan juga anak-anak.

Baca Juga   Membangun Tim Startup yang Tangguh dan Hebat

Properti

Jika Anda menyimak berbagai ebsite atau apps yang ada maka beberapa diantaranya bergerak dalam bidang properti yang banyak pula diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun untuk merintis jenis bisnis yang satu ini tentu saja tidak mudah dan menghadapi berbagai tantangan.

Pada bidang properti ini biasanya perusahaan menyediakan berbagai informasi kepada klien tentang solusi ataupun tips mencari hunian yang tepat.

Selain itu klien pun akan mendapatkan solusi untuk peminjaman kredit rumah ataupun apartemen yang diinginkan dengan berbagai skema bunga.

Baca juga Bisnis properti rumah.

Perdagangan

E-commerce merupakan salah satu jenis perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan serta memudahkan transaksi jual beli barang dalam satu platform online.

Keuntungan berbelanja di e-commerce adalah lebih efektif dari segi waktu hemat tenaga dan harga-harganya pun lebih bersaing.

Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke pusat perbelanjaan cukup membuka aplikasi tersebut di android dan menunggu paket yang berisi barang yang Anda beli.

Bidang Asuransi

Jenis yang satu ini berbeda dengan platform asuransi.

Dengan aplikasi pada bidang asuransi maka klien akan mendapat rujukan rumah sakit yang berkualitas tapi tetap dekat, dokter terpercaya serta pelayanan kesehatan yang sangat bermanfaat.

Sekuritas

Jenis startup yang satu ini memungkinkan seseorang untuk dapat berinvestasi secara online.

Selain itu juga terdapat manfaat lain yang bermanfaat bagi penggunanya.

Pada bidang ini anda dapat melakukan transaksi reksadana, obligasi, peer-to-peer dan aktifitas permodalan lain.

Startup ini juga memberikan informasi mengenai alat investasi dan layanan data serta hal lainnya yang berhubungan dengan sekuritas.

Fundraising

Indonesia terkenal dengan “orang baik”-nya. Setiap ada bencana ataupun orang ang membutuhkan. Kita beramai-ramai menggalang dana secara online.

Perlu strategi khusus untuk menghasilkan uang dari startup ini.

Karena dana yang dikelola merupakan dana swadaya masyarakat yang harus diterima masyarakat yang membutuhkan atauupun lembaga yang memiliki wewenang mengelola dana swadaya.

Contoh: kitabisa.com

Edukasi

Pendidikan merupakan salah satu yang sering menjadi fokus para orang tua bagi anak-anaknya.

Dengan berkembangnya zaman maka dalam hal pendidikan pun startup adalah salah satu pihak yang sangat berperan.

Misalnya saja kini sedang marak bimbingan belajar online yang menyediakan fitur yang menarik serta berbagai latihan soal bagi yang akan masuk perguruan tinggi.

Transportasi & Delivery

Berbagai kemudahan dari startup kini pun dapat dirasakan dalam hal delivery dan juga transportasi.

Anda hanya perlu memesan dari smartphone melalui aplikasi baik untuk transportasi yang akan mengantar Anda ataupun delivery makanan dan lainnya sehingga bisa lebih mudah.

Fintech

Fintech merupakan singkatan dari kata Financial Technology, sering diterjemahkan menjadi Tekfin (Teknologi Finansial) dalam Bahasa Indonesia.

Merupakan inovasi yang bertujuan untuk dapat menjadi solusi terbaik untuk berbagai permasalahan dan kebutuhan finansial di masyarakat.

Dengan adanya aplikasi fintech maka nasabah dapat bertransaksi produk-produk investasi lebih praktis.

Penutup

Startup adalah bentuk kemajuan teknologi yang bermanfaat.

Selain membuka peluang kaum muda untuk lebih mengembangkan inovasi cerdiknya, juga dapat memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya.

Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat khususnya bagi yang ingin mengetahui tentang startup.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *