Home > Uncategorized > 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes melitus diikuti oleh naiknya kandungan gula dalam darah. Pemicunya dapat terkait dengan factor turunan sampai obesitas. Penjagaan diabetes type 1 susah dilaksanakan karena terkait dengan factor genetik. Sementara, diabetes type 2 yang biasanya berawal dari pola hidup kurang sehat bisa dicegah. Langkah untuk menahan diabetes ini dengan konsentrasi jaga kandungan gula darah masih normal.

Pernyataan “menahan lebih bagus dibanding menyembuhkan” memang betul adanya. Masalahnya diabetes ialah penyakit yang memerlukan perawatan seumur hidup. Oleh karena itu, penting untuk lakukan cara penjagaan diabetes dimulai dari sekarang.

Langkah menahan penyakit diabetes melitus

Naiknya kandungan gula pada darah pada diabetes type 2 bermula dari keadaan kekebalan insulin. Keadaan ini mengakibatkan hormon insulin tidak bisa dipakai dengan maksimal oleh beberapa sel badan.

Walau sebenarnya insulin berperan menolong beberapa sel badan meresap gula darah (glukosa) untuk seterusnya diganti jadi energi.

Dengan jalani gaya hidup yang lebih sehat, sensitivitas beberapa sel badan pada insulin bisa bertambah hingga menahan resiko berlangsungnya kekebalan insulin.

Di bawah ini ialah langkah pengubahan pola hidup yang dapat dilaksanakan untuk menahan diabetes:

  1. Jaga berat tubuh bagus

Mempunyai berat tubuh bagus adalah langkah menahan diabetes di selanjutnya hari. Masalahnya kegemukan (berat badan yang berlebih) jadi salah satunya factor pemicu khusus dari diabetes.

Kegemukan mengusik kerja metabolisme yang pada akhirnya membuat beberapa sel pada tubuh tidak bisa memberi respon insulin dengan baik. Badan Anda jadi kurang atau benar-benar tidak peka pada insulin. Mengakibatkan, kekebalan insulin yang berbuntut pada diabetes.

Hasil tes medis yang dilaksanakan oleh National Institutes of Health (NIH) juga merekomendasikan ini sebagai perlakuan penjagaan diabetes. Dalam laporannya, NIH menjelaskan dengan turunkan berat tubuh, menahan diabetes sampai hingga 58 persen.

  1. Konsumsi makanan bergizi imbang
Baca Juga   Jenis-Jenis Kartu Perdana

Diet yang bagus adalah langkah lain untuk menahan diabetes. Penjagaan ini bisa menolong Anda mengatur berat tubuh masih bagus hingga resiko diabetes akan menurun.

Sejauh ini banyak orang condong terlatih konsumsi makanan cepat sajian, bergula tinggi, dan berlemak. Nah, untuk menahan diabetes, Anda perlu menata ulang opsi makanan ini.

Untuk menahan diabetes, yakinkan piring makan Anda selalu memiliki kandungan gizi komplet dan imbang, yakni karbohidrat, protein, serat, lemak baik, dan mineral dan vitamin.

Anda perlu menghindar beberapa macam makanan sekalian tingkatkan konsumsi makanan tertentu. Berikut daftarnya:

Makanan yang perlu dijauhi

  • Makanan tinggi lemak jemu, seperti susu sapi berlemak, keju, es cream, sosis, nugget, gorengan, dan kue.
  • M minuman paket dan akanan.
  • Makanan tinggi natrium, seperti garam, bumbu masak mi instant, dan instant.
  • Minuman dan makanan tinggi karbohidrat simpel, seperti permen, kue kering, minuman enteng, jajan manis (martabak).

Makanan yang bagus untuk kesehatan

  • Karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Makanan tinggi serat, seperti kacang merah, kacang polong, sayur, dan buah.
  • Sumber lemak baik, seperti daging ikan (tanpa kulit dan tidak dimasak), alpukat, kacang almond, dan zaitun.

15 Opsi Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

  1. Memerhatikan konsumsi karbohidrat dan gula

Glukosa yang mempengaruhi kandungan gula darah adalah hasil perpecahan dari karbohidrat. Sebagai langkah menahan diabetes, Anda dapat pilih sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah.

Karbohidrat yang bagus untuk jaga gula darah mempunyai index glikemik rendah karena lebih kaya serat. Dengan demikian, karbohidrat semakin lama dibagi jadi glukosa.

Anda pun perlu memerhatikan konsumsi gula tiap harinya. Konsumsi gula harian kerap berlebihan karena konsumsi gula tambahan yang digabungkan ke minuman dan makanan.

Baca Juga   6 Konsep Taman Yang Cocok Untuk Rumah

Gula yang diartikan terhitung pemanis bikinan, gula cair atau gula kristal, dan gula alami dalam madu, buah yang jadi ekstrak buah, dan juice.

Mengonsumsi makanan tinggi gula terlalu berlebih akan memacu permasalahan metabolisme, mengusik proses produksi insulin dan memacu kegemukan atau kegemukan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, batasan konsumsi gula yang ditambah dalam minuman dan makanan ialah optimal 50 gr atau sama dengan 4 sendok makan.

  1. Jaga jatah makan

tahap selanjutnya untuk menahan diabetes ialah mengukur jatah makan setiap hari. Apa lagi bila Anda terlatih makan dalam jatah besar.

Makan dengan jatah berlebihan membuat Anda konsumsi semakin banyak kalori. Ini dapat tingkatkan berat resiko diabetes dan tubuh.

Memakai piring yang lebih kecil menjadi salah satunya langkah jaga jatah makan dalam rencana menahan diabetes. Makan dengan piring kecil membuat Anda secara tidak sadar jadi harus kurangi jatah makan semakin sedikit dari biasanya.

Baiknya memang lebih bagus makan sedikit-sedikit tetapi kerap daripada harus makan dengan jumlah banyak sekaligus.

  1. Teratur olahraga

Rutinitas fisik, terhitung olahraga yang turunkan gula darah, yang dilaksanakan secara teratur bisa jadi sebagai langkah baik untuk menahan diabetes.

Olahraga bisa menolong membakar kalori untuk hasilkan energi dan simpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi. Dengan demikian, gula tidak menimbun dalam darah.

Olahraga menolong badan Anda jadi lebih peka padap insulin. Ini pasti menghindari Anda dari resiko kekebalan insulin.

Sebagai cara penjagaan diabetes, luangkan waktu minimum 30 menit sehari-harinya untuk berolahraga.

  1. Stop merokok

Stop merokok dapat menolong Anda menahan diabetes. Kenyataannya, diabetes type 2 ialah tipe diabetes yang terbanyak dirasakan oleh perokok.

Dalam study pembahasan pada Journal of the American Medical Association menganalisa beberapa riset besar berkenaan diabetes dan rokok.

Baca Juga   Tips Dalam Memulai Bisnis E-Commerce

Beberapa orang perokok aktif mempunyai resiko diabetes 44% semakin tinggi dibanding yang tidak merokok. Resiko itu bertambah sekitar 61% bila Anda merokok lebih 20 tangkai setiap hari.

Bila Anda perokok aktif, tidak ada langkah yang lebih baik untuk menahan diabetes kecuali stop merokok. Walau susah, Anda dapat mengawalinya sedikit untuk sedikit.

Apakah benar Merokok Bisa Mengakibatkan Diabetes?

  1. Kurangi mengonsumsi makanan manis

Batasi mengonsumsi makanan manis menjadi langkah tepat menahan diabetes. Makan manis kebanyakan dapat mengakibatkan peningkatan berat tubuh.

Untuk Anda yang menyenangi makanan manis, batasi jatahnya ialah tindak penjagaan diabetes yang terbaik walau kemungkinan tidak mudah.

Kemauan makanan manis umumnya muncul saat Anda sedang bad mood atau depresi. Dengan konsumsi makanan manis, banyak orang beranggapan situasi hati akan menjadi lebih depresi menyusut dan baik.

Tetapi, konsumsi makanan manis saat depresi bisa membuat Anda lebih gampang ketagihan. Akhirnya, Anda justru kebanyakan mengonsumsinya.

Maka langkah menahan diabetes untuk pecinta makanan manis dapat dilaksanakan dengan mengurus depresi dengan baik. Daripada konsumsi makanan manis, kerjakan aktivitas berguna yang kurangi depresi seperti membaca buku, olahraga, atau bercakap dengan teman dekat.

Mencegah Stroke dan Serangan jantung serta meningkatkan kualitas darah anda, anda cukup menggunakan dr laser